ndYnMt3dlYCH8R72WnKVAOJNMnNTASNBCeaEnO9D
Dropship Dan Resseler, Mana yang Lebih Menguntungkan ?

Iklan Billboard 970x250

Dropship Dan Resseler, Mana yang Lebih Menguntungkan ?

pengertian dropship

Hallo kembali lagi dengan Dewa disini. Pada kesempatan kali lagi lagi saya akan membahas tentang dunia Bisnis. Kayanya asik ya kalau kita membahas bisnis, apalagi bisnis tersebut bisa dijalankan jangka panjang dan memiliki income yang sangat besar.

Nah dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang lebih baik mana sih Resseler dan juga Dropship ? mungkin bagi kalian yang masih awam dalam dunia bisnis, masih suka bingung dengan istilah tersebut. Namun tenang, disini saya akan memberikan penjelasannya kepada kalian semua.

Dropship dan resseler ini sebenarnya hampir mirip, karena sama sama menjual produk orang lain dan tidak menjual produk sendiri. Namun ada beberapa perbedaan dari keduanya. Untuk mengetahui apa perbedaan resseler dan dropship, kamu bisa baca artikel ini sampai habis.

Apa Itu Resseler ?

Mungkin yang awam atau mau menjalankan bisnis online kalian akan menemukan kata Resseler. Lantas, apa sih resseler itu ? Resseler adalah sebuah perusahaan atau individual yang membeli barang dari Suplier dengan tujuan untuk menjualnya kembali kepada konsumen.

Dilihat dari penjelasan di atas, kurang lebih cara kerja resseler adalah sebagai berikut :
Arti dari gambar di atas adalah sebagai berikut :
  1. Kamu membeli produk dari supplier, biasanya kamu membelinya dengan harga grosir agar mendapatkan harga yang murah.
  2. Kemudian, kamu bisa menjualnya kembali kepada konsumen secara eceran.
Jadi, jika kamu ingin menjalankan usaha namun tidak memiliki produk, kamu bisa memulainya menjadi seorang resseler.

Kelebihan Dari Resseler

Kelebihan jika kamu menjadi seorang resseler adalah kamu tidak perlu repot repot lagi dalam mengurusi sebuah produk, karena tugasmu hanyalah membeli lalu menjualnya kembali kepada konsumen. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk kebutuhan produksi. Walau ada kelebihan, menjadi resseler juga ada kekurangan yang harus kamu ketahui.

Kekurangan Menjadi Resseler

Ada beberapa kekurangan jika kamu menjadi seorang resseler, diantaranya adalah sebagai berikut :

Perlu Modal
Jika kamu ingin menjadi seorang resseler, kamu memerlukan modal untuk membeli barang dari suplier dengan harga grosir. Jadi, kamu harus membeli barang dengan jumlah yang banyak jika ingin mendapatkan harga yang murah.

Mengelola Stock Barang
Jika kamu adalah seorang pembisnis pemula, maka kamu akan dipusingkan dengan mengelola stock barang yang ada. Kamu perlu tempat untuk menyimpan barang dan juga perlu melakukan pencatatan barang masuk dan juga keluar.

Melakukan Packing Dan Pengiriman
Jika kamu menjalankan bisnis secara Online, memproses pesanan hingga pengiriman barang ini akan sangat melelahkan. Untuk menjadi seorang reseler memang tidak mudah, terutama bagi kamu yang baru saja memulai bisnis.

Namun kamu jangan khawatir, karenda ada model bisnis lain yang kamu tidak perlu modal sedikitpun dan bisa mendapatkan income yang sangat banyak.

Apalagi kalo bukan DROPSHIP !

Masih juga belum tau apa it dropship ?
Oke oke tenang, disini saya akan membahasnya tentang pengertian dropship dan juga kelebihan dropship itu sendiri. Sebelum melanjutkan pembahasan, lebih enak lagi jika kamu membaca artikel ini sambil minum kopi atau teh hangat agar apa yang saya sampaikan bisa paham untuk memulai bisnis online.

Oke lanjut !

Apa itu Dropship ?

Dropship adalah dimana kamu sebagai penjual hanya perlu meneruskan pesanan pembeli ke suplier. Kemudian suplier akan memprosesnya dan mengirim pesanan tersebut langsung dengan nama kamu.
Dengan menggunkan metode ini, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang, mengelola produk, dan juga packing. Agar kamu tidak bingung, kamu bisa lihat contoh gambar di bawah ini :

Cara Kerja Dropship

Jika kamu masih kebingungan dengan cara kerja dropship, kamu bisa baca penjelasan di bawah ini :
  1. Kamu bisa mempromosikan barang barang dari suplier melalui internet dan media sosial lainnya.
  2. Kemudian jika ada pembeli memesan, kamu hanya meneruskan pesanan tersebut ke suplier untuk di proses.
  3. Lalu pihak suplier akan mengirimnya langsung kepada pembeli menggunakan nama kamu.

Keuntungan Menjadi Dropship

Ada beberapa keuntungan jika kamu menjadi seroang dropshiper, diantaranya adalah sebagai berikut :

Tanpa Modal
Saat kamu menjadi seorang dropshiper, kamu tidak perlu banyak modal untuk membeli atau memproduksi barang tersebut. Kamu hanya perlu memasarkan produk tersebut hanya bermodalkan foto dan juga spanduk yang berisi informasi dari produk tersebut.

Jika kamu tidak ingin mengeluarkan banyak modal, kamu hanya perlu memasarkan produk tersebut di media sosial, atau bisa juga di berbagai marketplace Indonesia seperti BukaLapak, TokoPedia, Shopee dan lainnya.

Mudah Untuk Dimulai
Jika kamu ingin menjalankan bisnis online, kamu bisa menggunakan metode dropship ini. Karena dengan menggunakan metode ini, kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan mudah dan hanya perlu mencari suplier yang bagus untuk dropship kamu.

Rendah Resiko
Jika kamu menjalankan bisnis dengan menjadi seorang dropshiper, kamu tidak perlu takut untuk bangkrut, karena kamu tidak perlu keluar modal untuk membeli atau memproduksi barang tersebut. Jika barang yang kamu jual tidak laku, maka kamu tidak akan kehilangan apapun.

Bisa dijalankan Dimana saja
Saat kamu menjalankan bisnis dropship, kamu bisa memasarkan produk tersebut melalui internet, bisa juga melalui media sosial dan yang lainnya. Ini bisa kamu lakukan saat sekolah jika kamu seorang pelajar, saat bermain, atau bahkan saat tiduran sekalipun.

Di atas sudah kita bahas tentang keuntungan dropship, dan sangat menggiurkan ya ! Bisnis tanpa modal dan bisa mendapatkan income yang banyak. Namun dibalik kelebihan dropship itu tadi, kamu harus tau juga apa kekurangan menjadi seorang dropship ini.

Kekurangan Menjadi Dropshiper

Menjadi seorang dropshiper ini memang sangat cocok bagi seorang pemula, namun model bisnis ini bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Berikut kekurangan menjadi seorang dropshiper :

Tidak Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Barang
Kekurangan pertama ini menurut saya adalah kekurangan yang sangat merepotkan. Dimana kita tidak memiliki kontrol terhadap stock produk yang ada, contoh saja saya sendiri pernah mengalami ketika ada customer yang menanyakan kepada saya produk yang akan dibeli, lalu saya menanyakan produk tersebut ke suplier dan ternyata produk tersebut sudah habis.

Ketika customer sudah membayar (clossing) dan saya meneruskan pesanan tersebut ke suplier dan ternyata stock habis karena sudah di serobot dropshiper yang lain.
Sedih si memang, ya itulah resiko kamu jika menjadi seorang dropshiper.

Jadi jika kamu ingin menjadi seorang dropshiper, kamu harus membiasakan dengan hal hal yang seperti ini ya.

Keuntungan Kecil
Jika kamu menjalankan bisnis dengan metode dropship kamu akan mendapatkan keuntungan kecil. Kenapa bisa gitu ? Yaps, karena harga dari suplier tidak bisa di turunkan lagi layaknya harga grosir menjadi resseler. Jika kamu ingin dropship dan menaikan harga di atas harga suplier saran saya jangan kamu menjual di MarketPlace.

Karena kebanyakan orang disana menjual dengan banting harga yaitu dengan harga yang murah.Dan kemungkinan besar produk yang kamu jual bisa saja tidak laku.

Kesulitan Menghadapi Pelanggan
Disini kita ambil contoh saja dari produk fashion, biasanya orang orang akan menanyakan (bawel) dengan pertanyaan berikut ini :

Bahannya apa kak, Panas nggak kak, kalau tinggi saya sekian ukuran yang pas ukuran berapa ya kak ?
Jika kamu seorang dropshiper maka kamu harus menanyakan pertanyaan tersebut ke suplier, Iya kalo supliernya ON dan Fast Respone, kalau enggak ?

Untuk mengantisipasi hal ini, mungkin kamu harus menanyakan bahan terlebih dahulu setiap produk yang ada.

Lalu, Mending Dropship Apa Resseler Nih ?

Jika ada pertanyaan seperti ini, maka saya akan menjawabnya dengan TERGANTUNG KONDISI KAMU.

La kok bisa ?

Jika kamu :
  1. Pemula dalam bisnis online
  2. Tidak punya modal
  3. Tidak punya tempat untuk menyimpan stock barang
  4. Tidak ingin ribet
  5. Ingin menjalankan bisnis dengan resiko minim
Maka menjadi DROPSHIP adalah pilihan yang tepat untuk kamu.

Namun jika kamu memiliki modal yang cukup besar, kamu bisa menjadi seorang resseler dengan kelebihan yang ada. Dengan kamu bisa kontrol barang kamu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada menjadi seorang dropshiper (namun semua kembali dengan pemasaran produk tersebut).

Bagaimana sampai sini apakah kamu sudah paham dengan dropship dan juga resseler ? jadi kamu tidak perlu lagi bingung harus menjadi dropshiper atau resseler, karena semua tergantung kondisi kamu saat itu.

Demikianlah artikel yang saya berikan kepada kalian semua tentang pengertian dropship dan resseler dan juga kelebihan dan kekurangan dropshiper dan resseler. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua.
Sukses selalu teman !
Pengen Backlink Murah Dan Berkualitas?
Klik Gambar Di Bawah Ini !
RajaBackLink.com
Baca Juga
SHARE
Mas Anggading
Founder dan Chief Editor di Masdewa.com. Lebih suka nonton main ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Toko Online WhatsApp