ndYnMt3dlYCH8R72WnKVAOJNMnNTASNBCeaEnO9D
Tips Dan Cara Jitu Beriklan Di Instagram Untuk Pemula

Iklan Billboard 970x250

Tips Dan Cara Jitu Beriklan Di Instagram Untuk Pemula

tips beriklan di instagram

Cara Beriklan Di Instagram Untuk Pemula - Salah satu media sosial terbesar yang ada di Indonesia bahkan dunia adalah Instagram. Siapa sih yang tidak kenal dengan Instagram ? Hampir seluruh orang yang ada di Dunia ini memiliki akun Instagram, entah yang digunakan untuk akun pribadi atau bahkan untuk berjualan.

Tahukah kamu di Instagram bisa beriklan ?

Apa bedanya Instagram dan Instgram Ads ?

Semuanya tidak jauh berbeda, karena kedua hal ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media untuk mempromosikan bisnis yang kalian miliki.

Jika mungkin selama ini kalian hanya mengenal instagram dengan fitur fitur kerennya, ternyata instagram juga memiliki fitur canggih yang bernama Instagram ads.

Apa Sih Instagram Ads ?

Instagram Ads adalah platfrom iklan yang tentu saja hanya ada di Instagram. Salah satu tips jualan di instagram yang wajib kalian coba untuk meningkatkan penjualan kamu.

Bentuk iklan yang ada di instagram ini tidak jauh beda dengan Feed atau Story Instagram. Dan instagram Ads tidak jauh berbeda dengan Facebook Ads dan disini juga saya akan memberikan tutorial cara beriklan di instagram untuk pemula melalui Ads Manager Facebook.

Kenapa Harus Menggunakan Instagram Ads ?

Sebagai seorang pembisnis, kamu harus menggunakan instagram sebagai media bisnis online yang bisa untuk meningkatkan penjualan. Namun, biasanya yang menjadi kendala saat menjalankan iklan di instagram adalah Biaya.

Biaya iklan yang mahal ataupun murah itu relatif. Coba saja kamu bayangkan dengan budget 50.000 untuk beriklan di instagram, kamu bisa saja mendapatkan keuntungan sebesar 200.000, apakah hal ini dibilang mahal ?

Untuk mempelajari lebih lanjut beriklan di instagram, kamu bisa baca beberapa ulasan yang akan saya sampaikan kepada kalian di bawah ini.

Tips Beriklan Di Instagram

Ada beberapa tips yang harus kalian ketahui, sebelum memulai iklan di instagram. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Merecanakan Strategi Iklan 

Salah satu hal penting sebelum beriklan di instagram adalah merencanakan strategi kamu dalam beriklan terlebih dahulu. Mulai dari :
  1. Apa Tujuan Beriklan
  2. Apa yang akan di promosikan
  3. Apa yang ingin dicapai dengan beriklan
  4. Dan masih banyak yang lainnya.
Dari beberapa pertanyaan di atas, bisa kamu jadikan sebagai patokan dalam menentukan arah bisnis yang kamu jalankan. (Mindset kamu dalam beriklan)

Mengutamakan Visual

Instagram adalah sosial media yang sangat mengutamakan visualnya. Karena konten yang di tampilkan di instagram ini berupa foto ataupun vdeo. Hal ini menuntut kamu untuk kreatif membuat design atau video yang menarik sehingga membuat orang tertarik dengan gambar atau video yang kamu buat.

Ada beberapa format untuk membuat iklan di instagram, seperti :

Single Image

Jika kamu ingin menggunakan satu gambar saja, biasanya instagram memberikan ukuran :
  1. Ukuran Beranda Instagram : 1.200 pixel X 628 Pixel
  2. Ukuran Facebook Story dan Instagram Story : 1.080 x 1.920 Pixel

Carousel

Carousel adalah iklan yang hampir mirip dengan slide show dengan ukuran gambarnya adalah 1.080 x 1.080 atau persegi.

Slideshow

Jika kamu ingin menggunakan gambar slide show, kamu bisa menggunakan ukuran gambar 1.280 x 720 Pixel dengan format video .mov atau bisa juga .mp4

Single Video

Jika kamu ingin beriklan menggunakan format Video, format yang harus digunakan adalah .mp4 .mov .gif dengan rasio 9:16 sampai 16:9, resolusi yang digunakan adalah 600 pixel dan jangan sampai ukuran video lebih dari 10MB.

Buatlah sebuah video dengan durasi yang pendek saja, jangan terlalu panjang karena orang akan bosan dengan video yang kita berikan.

Jangan Terlihat Seperti Iklan

Tips beriklan di instagram selanjutnya adalah jangan sampai apa yang kamu iklankan ini seperti beriklan. (maksudnya buat pengguna instagram tidak sadar bahwa itu iklan)

Buatlah foto atau video yang akan di iklankan senatural mungkin, karena hal ini bisa membuat audience kamu tertarik untuk melihat.

Gunakan Hashtag

Hashtag adalah komponen yang penting jika kamu beriklan menggunakan instagram. Kamu bisa mencantumkan hashtag di campaign bisnis kamu atau bisa kamu gunakan untuk kategori produk yang kamu miliki. Kamu bisa riset hashtag instagram menggunakan Tools yang bernama VIROL, harganya sangat terjangkau yakni 500.000 per tahun (1 tahun pertama)

Itulah beberapa tips beriklan  di instagram yang perlu kalian semua ketahui sebelum menjalan iklan di instagram. Tentukan audicence dan buatlah konten iklan semenarik dan se natural mungkin, sehingga audience tidak sadar bahwa itu adalah sebuah iklan.

Lalu bagaimana cara beriklan di instagram ?

Untuk kamu yang masih kebingungan tentang cara beriklan di instagram, disini saya akan memberikan beberapa langkah dalam beriklan di instagram. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak beberapa langkah berikut ini :

Cara Beriklan Di Instagram Untuk Pemula

Ada beberapa langkah yang perlu kalian lakukan untuk beriklan di instagram, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Usahakan kamu memiliki Akun instagram yang sudah tertautan ke akun Fanspage Facebook.
  2. Dan juga siapkan budget iklan untuk menjalankan iklan di instagram.
Jika kedua itu sudah kamu miliki, kamu bisa langsung ke tutorialnya di bawah ini :

Tutorial Iklan Di Instagram

Langkah pertama, kamu bisa buka Akun Facebook yang sudah tertautkan dengan akun instagram kamu, karena disini kita akan beriklan di instagram menggunakan Ads Manager dari Facebook. (Usahakan menggunakan PC atau Laptop)

Jika sudah, kamu bisa klik menu Buat yang ada di sampaing Profile kemudian kamu bisa pilih Iklan
Jika sudah, kamu akan diarahkan ke Ads Manager atau Pengelola Iklan di Facebook. Jika sudah, disini kamu akan dimintai untuk Tujuan Marketing atau Tujuan kamu dalam beriklan. Biasanya, disini saya menggunakan Lalu Lintas Kunjungan atau Interkasi untuk beriklan di instagram.
Sebagai contoh, disini saya akan menggunakan Lalu Lintas Kunjungan untuk tujuan beriklan. Kenapa harus menggunakan Lalu Lintas Kunjungan ? Karena, diakhir beriklan nanti akan saya sisipkan Link Aktif menuju WhatsApp dan langsung Checkout produk dengan whatsapp langsung.

Jika sudah, kamu bisa scroll ke bawah dan isi nama kampanye sesuai keinginan, kamu bisa isi dengan nama produk yang di iklankan, lalu klik Lanjutkan.
Jika sudah, Nama Set Iklan bisa kamu isi sesuai keinginan kamu. Dan Lalu Lintas Kunjungan kamu bisa gunakan Situs Web. Lalu Pada menu Materi Iklan Dinamis dan Promo kalian bisa nonaktifkan saja.
Pada menu Pemirsa, kamu bisa Setting atau targetkan ke daerah, umur, jenis kelamin yang sesuai dengan produk yang akan di iklankan. Kamu bisa klik Edit Untuk mengeditnya. Kemudian pada pilihan Penargetan Terperinc, kamu bisa sesuaikan dengan jenis produk yang di iklankan. Misalkan saja disini kamu akan mengiklankan Aksesoris Mobil maka penargetan terperinci kamu gunakan untuk orang orang yang menyukai halaman mobil atau bahkan yang memiliki mobil.
Jika sudah, pada penempatan iklan yang awalnya Otomatis. Kamu bisa buat menjadi Penempatan Manual. Dan pada perangkat kamu bisa plih Seluler lalu Platfrom kamu bisa pilih Instagram, karena disni kita akan membuat iklan di instagram.
Pada bagian penempatan, kamu bisa pilih sesuai dengan keinginan kalian. Disini saya hanya akan beriklan di beranda instagram saja.
Selanjutnya, pada menu anggaran dan jadwal. Kamu bisa biarkan default saja, dan anggaran dan jadwal kamu bisa isi budget kamu selama satu hari. Bisa 20.000 sampai 100.000 sehari. Jika sudah kamu bisa klik Lanjutkan.
Selanjutnya, kamu bisa isi Nama Iklan sesuai dengan keinginan kalian. Dan dibagian Identitas, kamu bisa isi Nama Fanspage dan Instgram yang akan di iklankan.
Selanjutnya pada menu Format dan Media, kamu bisa sesuaikan dengan jenis iklan apa yang akan di terbitkan. Disini saya menggunakan Gambar Tunggal untuk media beriklannya. Jika sudah kamu bisa klik tambahkan media untuk menambahkan gambar atau video yang sudah disiapkan.
Jika sudah, pada menu Teks Dan Tautan lalu di kolom Teks Utama kamu bisa isikan Caption dengan POWER WORDS agar audience mau mengklik tautan hingga masuk ke whatsapp. Kamu bisa gunakan keahlian Copywritingmu, jika belum bisa ya belajar dulu.
Lalu, pada menu URL Situs Web kamu bisa arahkan ke Web kamu atau Langsung ke Web Whatsapp sehingga ketika audience mengklik Tautan tersebut akan menuju WhatsApp langsung. Dan dibagian Tampilkan Tautan kamu bisa isi dengan ORDER.SEKARANG atau yang lainnya. Dan bagian ajakan bertindak, kamu bisa isi sesuai dengan apa yang kamu iklankan.

Jika sudah, kamu bisa scroll ke bawah lalu pilih Konfirmasi.
Jika sudah, maka iklanmu sedang di tinjau dan menunggu aktif. Kamu bisa menunggunya 1 x 24 Jam ya.
Jika kamu sudah berhasil membuat sebuah iklan di isntagram. Namun ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan tentang Peraturan dan Larangan saat beriklan.

Apa yang Dilarang Saat Beriklan ?

Walaupun kita sudah membayar iklan kepada Facebook dengan jumlah yang besar sekalipun, tetap saja ada larangan yang perlu kalian ketahui. Beberapa larangan dalam beriklan adalah sebagai berikut :
  1. Standar Komunitas
  2. Produk atau Layanan Ilegal
  3. Praktik Diskriminasi
  4. Tembakau dan Produk lainnya.
  5. Obat Obatan
  6. Suplemen Tidak Aman
  7. Senjata atau Bahan Peledak Lainnya
  8. Produk Atau Layanan Dewasa
  9. Konten Dewasa
  10. Pelanggaran Pihak Ketiga
  11. Konten Sensasional
  12. Attribute Pribadi
  13. Dan masih banyak yang lainnya.
Itulah beberapa penjelasan tentang tips beriklan di instagram dan cara beriklan di instagram. Cara beriklan diinstagram ini sama halnya dengan cara beriklan di facebook, hanya pada penempatan manual tadi bisa kalian pindahkan ke Facebook jika ingin beriklan di facebook.

Demikianlah artikel yang sudah saya berikan kepada kalian semua tentang cara beriklan di instagram dan tips tips nya, semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk kita semua.

Jika ada yang di tanyakan, silahkan berikan bertanyaan di kolom komentar ya. Dan silahkan di share jika ini bermanfaat.

Salam Profit,
MasDewa.com
Pengen Backlink Murah Dan Berkualitas?
Klik Gambar Di Bawah Ini !
RajaBackLink.com
Baca Juga
SHARE
Mas Anggading
Founder dan Chief Editor di Masdewa.com. Lebih suka nonton main ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar