ndYnMt3dlYCH8R72WnKVAOJNMnNTASNBCeaEnO9D
Peluang Bisnis Biji Kopi dan Cara Memulainya

Iklan Billboard 970x250

Peluang Bisnis Biji Kopi dan Cara Memulainya


Sejak dulu, Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil biji kopi berkualitas di dunia. Jadi jangan heran, jika kopi Indonesia memang digandrungi banyak orang karena berkualitas super. Tingginya penggemar kopi membuat peluang bisnis biji kopi ini semakin diperhitungkan.

Potensi Bisnis Biji Kopi Di Indonesia

Seiring menjamurnya bisnis kedai kopi di Indonesia, tentu saja peluang bisnis biji kopi masih sangat terbuka lebar dan menjanjikan untuk digali lebih dalam. Keuntungannya pun terbilang sangat tinggi karena pangsa pasarnya sangat besar. Hal ini terbukti dari bisnis kopi yang sejak dulu hingga kini masih berkembang dan tak pernah sepi konsumen. 

Analisa Usaha Biji Kopi Bagi Pemula

Untuk membantu Anda yang ingin memulai usaha biji kopi ini, berikut analisa yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Omzet Atau Pendapatan

Asumsinya, 100 kg biji kopi jika digiling menjadi sekitar 80 kg kopi bubuk. Bila dijual di pasaran sekitar Rp 55.000 per kg. Namun, jika dijual per 100 gram maka harga yang biasa dipatok sekitar Rp 9.000 per bungkus.

Jadi, perhitungannya kira-kira seperti ini 80.000 gram : 100 gram = 800 bungkus.
Omzet = 800 bungkus x Rp 9.000 = Rp 7.200.000

Keuntungan

Dari omzet yang didapatkan, maka total keuntungan Anda dari bisnis jual biji kopi ini sebagai berikut:
= omzet – biaya operasional
= Rp 7.200.000 – Rp 4.700.000
= Rp 2.500.000

Jadi, total keuntungan yang bisa Anda dapatkan setiap bulannya sekitar Rp 2.500.000.

Break Event Point

Dari perhitungan di atas, bisa diketahui titik imbal balik modal atau break event point bisnis ini sebagai berikut:

Modal awal : keuntungan = Rp 14.500.000 : Rp 2.500.000 = 5,8 bulan. 

Analisa usaha ini dibuat dengan asumsi pekerjaan dilakukan di rumah Anda pribadi, sehingga tidak membutuhkan biaya sewa lahan apapun. Namun, Anda tetap bisa menyesuaikan perhitungan tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan yang sebenarnya. 

Cara Memulai Bisnis Biji Kopi Dengan Mudah Dan Efektif

Setelah mengetahui prospek dari bisnis biji kopi ini, rasanya Anda tak perlu ragu lagi untuk segera menjalankannya. Melimpahnya pasokan barang, tentu memudahkan Anda untuk menyebarluaskan kepada konsumen di manapun mereka berada. 

Lantas, apa yang harus diawali sebagai seorang pengusaha biji kopi? Pertanyaan tersebut akan terjawab dengan 8 cara memulai dan mengembangkan usaha jual biji kopi yang dikutip dari lurus.id berikut ini :

1. Riset Pasar
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah riset pasar agar mampu mengategorikan kopi jenis apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Persaingan tentu akan selalu ada dalam suatu bisnis. 

Oleh sebab itulah Anda harus tahu betul apa yang diinginkan oleh pasar. Misalnya, apakah Anda akan menjual produk berupa kopi yang masih berbentuk biji atau kopi yang telah melewati berbagai proses dan menjualnya sebagai kopi bubuk.

2. Rencana Bisnis
Ketahuilah, perencanaan bisnis meliputi sasaran atau target market yang dituju, ketersediaan tempat menyimpan produk, hingga biaya distribusi pengiriman. Rencana bisnis Anda harus benar-benar matang sebelum mulai dijalankan. Perencanaan yang jelas sudah pasti akan memudahkan Anda dalam berbisnis dan meraup keuntungan yang diharapkan. 

3. Target Pasar
Ada banyak bisnis yang tidak menganggap penting target konsumennya sehingga tak jarang banyak biaya yang keluar secara percuma. Hal ini disebabkan karena produk tidak masuk ke kalangan konsumen yang sesuai. 

Jika ingin bisnis ini berkembang sebagaimana mestinya, Anda disarankan melihat target market yang tentu membutuhkan barang Anda, seperti usaha warung kopi atau coffee shop. Bahkan, jika kopi yang Anda tawarkan sudah berbentuk jadi atau bubuk, maka Anda bisa lebih mudah memasarkannya ke supermarket, toko oleh-oleh ataupun komunitas penikmat kopi. 

4. Mencari Pemasok Yang Tepat
Petani kopi ataupun industri kopi yang besar sudah pasti mampu menyediakan produk kopi dengan kualitas dan harga terbaik. Apabila Anda memulai bisnis jual biji kopi ini, maka pastikan Anda mendapatkan harga rendah sehingga mampu menjualnya dengan harga tinggi. 

5. Perhatian Kualitas Kopi Yang Di Tawarkan
Sebagai seorang pengusaha, Anda wajib tahu seperti apa kualitas produk Anda. Perlu diketahui, sebagian besar konsumen pecinta kopi berani merogoh koceknya dalam-dalam untuk bisa menikmati kopi yang berkualitas. 

Apalagi jika konsumen Anda adalah coffee shop yang memiliki standar tertentu pada kopi yang mereka hidangkan bagi pelanggannya. Sebab, kepercayaan akan kualitas kopi yang Anda tawarkan menjadi taruhan dalam bisnis yang mereka jalankan. 

6. Memperhatikan Proses Pendistribusian
Kualitas kopi juga ditentukan pada proses pendistribusiannya. Jangan sampai mutu kopi yang Anda jual menurun karena lamanya waktu pendistribusian ke pasar ataupun ke konsumen. 

7. Membangun Jaringan Bisnis
Setiap bisnis apapun selalu membutuhkan suatu jaringan. Apabila seseorang mendapatkan keuntungan dari adanya bisnis Anda, maka bisa jadi Anda akan mendapat rekomendasi. Jika perlu, Anda juga bisa aktif masuk ke dalam komunitas pecinta kopi, komunitas para petani kopi, atau komunitas lain yang relevan dengan bisnis tersebut. 

8. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran sudah pasti ditentukan dari jenis produk, pola konsumsi, serta wilayah atau cakupan pasar yang dituju. Ada berbagai macam strategi yang bisa Anda lakukan. 

Salah satunya memanfaatkan media sosial yang kini tengah berkembang pesat. Anda bisa membuat akun di Facebook maupun Instagram untuk memperkenalkan bisnis ini sehingga mampu menjangkau konsumen secara luas. Dengan demikian, proses jual beli pun semakin mudah dilakukan.

Demikian ulasan mengenai peluang bisnis biji kopi dan cara memulainya. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam menjalankan usaha dan menghasilkan omzet sesuai yang diharapkan. Selamat mencoba.
Pengen Backlink Murah Dan Berkualitas?
Klik Gambar Di Bawah Ini !
RajaBackLink.com
Baca Juga
SHARE
Mas Anggading
Founder dan Chief Editor di Masdewa.com. Lebih suka nonton main ketimbang menulis, menulis kalau lagi mood aja. Salam kenal ya!
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar

Toko Online WhatsApp